29 August 2010

Black Devil Doll ( 2007 )

Reviewed By 'Z'

Gue tulis aje di depan buat ngehemat waktu mereka2 yg baca: lo suka film “bagus” apa lo suka film yg “awesome”? Kalo lo suka yg bagus, berarti lo bisa berenti baca mulai dari sini, soalnye ngga ada apapun dalem apaan yg akan gue tulis di sini bakalan menarik buat lo. Kalo lo suka film yg “awesome”, maka Black Devil Doll punya sesuatu buat memuaskan iblis kecil yg idup dalem hati lo, ngga peduli seabsurd apapun seleranye.

Black Devil Doll emang bukan film “bagus”, bahkan dari sudut pandang  penggemar tontonan sampah kaya gue sekalipun. Mau gimanepun juga, sesuatu kaya gini ngga berhak buat dibilang "bagus".  Tentunye, orang kaya gue idup dengan kepercayaan kalo sebuah film  tuh ngga perlu “bagus” untuk jadi “awesome” & Black Devil Doll adalah sebuah film yg sedemikian fantastis dalam awesomeness-nye sampe gue sama sekali ngga peduli ama semua kejelekannye. Ini adalah alesan yg sama ama kenape gue selalu nyari & nonton keluaran2nye Troma ama film2nye Bruce Campbell, bukan karena itu “bagus”, tapi soalnye gue tau itu bakalan “awesome”!!!

Guyonan ngaco film ini udah nunjukin muke jeleknye dari pas ini dimulai. Sejak dari tampilan animasi yg ngomong kalo “this movie is rated X, by an all-white jury”, lalu berlanjut ke Mubia Abul-Jamma (plesetan dari tahanan-politis sesungguhnye: Mummia Abu-Jammal), seorang aktifis kulit item yg dieksekusi gara2 merkosa ama ngebunuh 15 bondon Kaukasia, dipanggang di kursi listrik (absurdnye, ‘aktifis kulit item’ ini diperanin ama sutradara Jonathan Lewis, yg notabene kulit putih). Pada waktu bersamaan, seorang bondon dengan buah dada gede & otak kecil bernama Heather (Heather Murphy) maen2 papan Ouija tanpa alesan yg jelas, ini pun ngebawa Mubia –dalem visual-efek paling mahal di sepanjang film ini- buat ngerasukin boneka Pee Wee Herman yg ada di sofa doi & ngerubahnye jadi versi Soul Brother dari Chucky, lengkap dengan rambut afro ama kaos Black Panther!    


Dengan kemampuan magisnye memikat wanita (mungkin dengan nambahin kata “bitch” pada akhir setiap kalimat), Mubia pun secepat kilat bikin Heather jatuh hati, maka masuklah kite ke montase puppet-romance yg keliatan kaya gimane karya seorang Charles Band kalo die mutusin buat bikin video R’n’B....cukup keren ternyata.

Tapi Mubia itu seorang “playa”, jadi satu cewe ngga akan cukup buat die. Malahan, Mubia adalah ‘playa’ yg sangat dashyat sampe die berhasil ngeyakinin Heather buat ngumpulin temen2 Kaukasia doi demi kepentingan napsu libido pacar-boneka doi semata. Nah, gue yakin semua laki2 di luar sana pengen tau gimane cara die bisa ngelakuinnye kan? Ngaku deh.  Well, sebenernye cukup simpel kok: bilang terus terang & tabokin aje pacar lo kalo die ngga mau. Mubia sih gitu & itu sukses bikin Heather ngirimin 4 orang bondon ke rumah khusus buat kepetingan jadi objek napsu-binatang sang pacar sementara doi sendiri pergi makan ke Mc Donalds. Semuanye sementara eks doi, seorang wannabe rap-superstar yg terperangkap dalem tubuh pria kulit putih, sibuk nyiapin rencana buat menangin doski kembali.

Apa yg terjadi berikutnye? Sederhananye sih:  eksebisi non-stop awesomeness dari standar paling rendah bencana-sinema.

Rasisme, seksisme, hubungan antar-spesies (kalo lo ngitung boneka sebagai sebuah spesies), darah, boobies, shit-fetish, montase2 skinemax, necro, necro cum-shot, pembunuhan dengan senjata tajam, pembunuhan dengan benda tumpul, dumb-blondes, anal, ini adalah sebagian dari apaan isi film yg sepenuhnye dibikin dalem “Negroscope” ini.

Black Devil Doll tuh jenis2 film yg dulunye sering dibikin ama sinema-eksploitasi 70-an, tapi sekarang praktis udah punah gara2 masuknye unsur political-correctness kepada era perfilman modern. 

Dibikin pake konsep throwback ke era Grindhouse, ia ngekspos semangat blackxploitation dengan suntikan attitude Troma, praktis ngasih jari tengah (dua2nye) ke muka para kritikus sambil ngencingin semua pakem etika dasar film-making...& semuanye dilakuin dengan sengaja.

Sapepun yg ngukur ini pake standar -kualitas-film- konvensional bakalan missing the point, ini bukan film normal sodara2.  Black Devil Doll itu abnormal! Intinye terletak semata-mata pada humor-sakit ama schlock-value. Dan ia nunjukinnye secara eksplisit dengan bangga, dari kredit awalnye aje ia udah nyebut diri sebagai “a Lewis Brothers fiasco”.  Waktu sebuah film udah ngga ngerasa perlu nutup-nutupin keburukannye, maka lo tau kalo segala jenis penyimpangan moral ama kebobrokan akhlak bakalan belepotan di dalemnye. Asli, buat punya setitik harepan kalo ini masih nyisain secuilpun nilai estetika adalah sesuatu yg bodoh.

Kaya bisa ditebak, di sini kaga ada yg namanye plot, jalan cerita, atau bahkan karakter sekalipun.  5 bondon-tanpa-isi-kepala yg ada di dalemnye ngga punya peran apapun selaen objek eye-candy semata. Sutradara Jonathan Lewis emang lebih manfaatin talenta ASLI aktris2 ini, kaya nyuci mobil pake, ehmmm, “bagian tubuh” mereka sementara sebuah lagu rap berjudul “Wet Pussy” diputer sebagai latar belakang.

Toh gue pikir sih sesuatu kaya “karakter” itu praktis mustahil buat diidupin ama aktris2 yg bahkan ngga akting, tapi sekedar ngebaca line mereka dari script yg ditaro di lantai, dan fakta bahwa scriptnye sendiri ngga lebih dari kata2 model “OHMIGOOOOD” ama “THAT’S SO GROOOOOSSSS” jelas ngga ngebantu apepun.

Kalo emang  mereka “punya sesuatu buat ditujukin”, maka John Lewis dipastiin bakalan ngeksposnye sesering mungkin, “sesering mungkin” disini maksudnye adalah “setiap kali mereka nongol di frame”.  Black Devil Doll mungkin punya  boobs-shot colongan paling banyak dalem sejarah B-movies, sebagian nyempil & sebagian lagi frontal, tapi satupun kaga ada yg subtil. Yup, komitmen orang2 ini pada tontonan-murahan emang hardcore, suka ngga suka, itu adalah sebuah kenyataan yg sapepun ngga bisa sangkal.

Nah, sekarang dengan ngesampingin semua glorifikasi sleaze-fest pada film ini, gue harus akuin kalo secara produksi, buat sebuah film indie yg dibikin pake Mac, Black Devil Doll keliatan top-notch. Kualitas gambarnye maksimal, dengan tiap montase yg diedit pake teknik split-screen (sebuah homage buat sinema-eksploitasi 80-an) keliatan jauh lebih berkelas daripada keseluruhan filmnye sendiri.

Mereka bahkan, ngga tau gimane caranye, bisa nyisihin cukup budget buat bikin opening-title berbau James Bond yg dashyat. Musiknye juga harus diancungin jempol. Giallos Flame yg bertanggung jawab buat score film ini berhasil ngisi tiap scene pake aransemen2 Jazz-Funk yg maduin riff2 film giallo ama theme2 slasher dengan style Soul yg negro banget. Bagi seseorang yg mencintai black-music setengah mati, gue ngerasa kalo soundtrack di sini kerasa lebih “item” daripada album Eminem manepun. Buat sesuatu yg semua orang dalem proses produksinye harus ngerangkep di 10 kerjaan yg beda, ini bisa dibilang mengagumkan.       

Intinye, ngga peduli nama lo sape, ngga peduli berapa banyak sampah yg pernah lo liat, gue yakin kalo misalnye lo tonton, maka Black Devil Doll bakalan jadi sesuatu yg memorabel. Mungkin lo bakalan senyum dari kuping ke kuping, atau mungkin lo bakalan ketawa kepingkal-pingkal, yg pasti lo dijamin bereaksi ngeliat lelucon2 paling seksis, vulgar, politically-incorrect, sekaligus ofensif dalem sejarah sejak –mungkin- hari2 terakhir Grindhouse. Emang sih ia keliatan sama sekali ngga bermutu ataupun serem.

Tapiiii, sebagai satu paket guyonan komplit dari awal sampe akhir, Black Devil Doll ngga akan pernah berenti ngehibur tipe2 “perv-macem-kite” lewat caranye yg awesome, sementara para penggemar film-serius pada muntah2 di pinggir...

Soalnye ini emang dibikin buat kenikmatan KITE, bukan MEREKA!!

klik banner diatas buat ngeliat trailer pelem ini hehe

Rating :
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic


Info : silahkan visit juga blognya si Zombem ( Z ) di blog

28 August 2010

Lets Scare Jessica To Death ( 1971 )

Terus terang, gue tertarik ama film ini cuman karena ngeliat desain poster nya yang ada ditengah-tengah definisi stupid ama keren. Liat aja tuh :D. Selain itu, tentu aja judulnya, 'Lets Scare Jessica To Death'!. Haha Judul yang sangat eksploitatif, ngingetin ama 'I spit On Your Grave' atau 'I Drink Your Blood' dll.

Dalam bayangan gue ini adalah sebuah film yang bercerita tentang sekelompok pemuda iseng  nakut-nakutin seorang cewe montok bernama Jessica sampe mati. Woo-hoo kedengeran kaya sebuah pelem yang cocok buat ngebuang waktu sejam-setengah.

Let's sheck..

Storyline :
Jessica ( Zohra Lampert ) adalah seorang perempuan yang baru saja dinyatakan sembuh dari mengalami gangguan jiwa. Sekarang dia terlihat baik-baik saja dan gembira.

Sang suami, Duncan ( Barton Heyman ) --bersama satu orang temannya Woody ( Kevin O' Connor )-- kemudian berniat memulai segalanya dari awal dengan mengajak Jessica pindah ke sebuah rumah di pedesaan di Connecticut ( seperti biasanya, tentu aja lengkap dengan danaunya :D )

Disana mereka tidak sengaja berkenalan dengan seorang wanita dan setelah beberapa saat perkenalan, Jessica mengundang wanita itu untuk ikut makan malam dan menginap beberapa hari.

Namun dari sinilah horror mulai terjadi.
Jessica merasa mendengarkan bisikan2 aneh ditelinganya. Bukan itu saja, dia juga sering mendapat penampakan2 yang tidak dilihat orang lain. semula ia memutuskan untuk mengabaikan hal ini dan tidak menceritakan apa yang dialaminya karena takut sang suami mengira gangguan jiwanya kambuh.

Suatu hari, seorang pemilik toko barang2 antik didesa itu bercerita kalo rumah yang mereka tempati adalah bekas rumah bangsawan Bishop, dia bercerita kalo pada tahun 1880 sebuah tragedi pernah terjadi disitu. Puteri Bishop, -Abigail- tewas tenggelam di danau samping rumah mereka tepat satu hari sebelum hari pernikahannya. Menurut legenda penduduk pula, arwah Abigail sekarang bergentayangan menghantui desa sebagai Vampire.

Dan setelah Jessica mengamati foto putri Bishop itu, wajahnya ternyata tak jauh beda dengan wanita misterius yang kini sedang menginap di rumahnya!

Sejak itulah Jessica semakin sering mendapat penampakan dan eskalasinya justru semakin meningkat. Dari mulai dia melihat sosok wanita bergaun putih melambai-lambai, sikap penduduk desa yang aneh dengan luka di lehernya, sampai melihat penampakan mayat wanita tenggelam di danau tempat dia biasa berenang.

Akhirnya, kerena Jessica sering terlihat ketakutan dan histeris, Duncan mengira gangguan jiwa Jessica kambuh, dia lalu berniat membawanya kembali ke dokter di kota. Jessica pun dilanda depresi dan kebingungan.

Apakah yang di lihat, didengar atau dialaminya adalah kejadian nyata atau hanya ada didalam pikirannya saja?? benarkah dia masih gila? atau memang ada sesuatu yang buruk di rumah itu?

Dan didalam kebingungannya dia akhirnya mengalami sebuah tragedi mengerikan....


Review :

Klik 'Play.

Setelah logo Paramount menghilang dari layar, kita akan mendapati sebuah shot dramatis sunset dengan cahaya oranye-nya yang memantul di sebuah danau berkabut. Senyap. Hanya terdengar suara burung danau dan kesiur angin.

Next frame, seorang perempuan terlihat duduk disebuah perahu kecil di danau itu, cahaya sunset membuat tubuhnya menjadi siluet.

Lalu kita mendengar narasi lirih yang terdengar seperti orang menggumam, suara itu pastilah berasal dari pikiran perempuan yang sedang duduk di perahu itu..

" I sit here and i can't believe that it happened. Dreams or nightmare..madness or sanity..i don't know which is which..."

.......................................

Dan hanya dari adegan opening seperti yang gue deskripsiin diatas saja, gue tahu kalo tebakan gue tentang film ini salah. Ini jelas bukan sebuah film eksploitasi-bodoh khas 70-an. Iye bener, dont ever judge movie by its poster ( kecuali poster film2nye Nayato ).

Ya, berlawanan ama desain poster ama judulnya yang eksploitatif, film ini ternyata sebuah psychological-atmospheric-surreal-poetic horror. Dan untungnya lumayan bagus buat jadi pilihan terakhir ketika lawakan Sule di tipi mulai membosankan.

Let's Scare Jessica To Death ( LSJTD ) adalah debut film panjang John D.Hancock setelah sebelumnya ( ditahun 1970 ) dia hanya membuat sebuah film pendek berdurasi 15 menit.

John D. Hancock memilih membuat filmnya berjalan sangat pelan namun terus merambat naik untuk akhirnya di akhir film dia meledak menjadi tragedi yang cukup untuk membuat gue merinding, walau begitu ini jelas bukan buat horror-hardcore yang hanya doyan tempo tinggi ( apalagi Zombem :D ). Nggak ada gore atau nudity. Hanya ada sedikit darah dan kematian dengan level-violence yang aman untuk seluruh keluarga. Yeah, rating film ini emang PG-13. Ngarepin apa lagi ya?

Namun, film ini nawarin beberapa adegan scare-tactics creepy yang didukung oleh kostum dan setting beraroma gothic. Kalo kamu seneng film horror yang mengandung adegan  seperti : 'cewek bergaun pengantin putih melambai-lambai dibalik kabut yang ketika dikejar dia kemudian menghilang', kamu pasti juga akan suka film ini.

Tapi tentu aja adegan yang menjadi ikonik di pelem ini adalah adegan ketika hantu Vampire-Abigail, perlahan-lahan keluar dari dalam danau..sayang, hantunya nggak telanjang seperti di 'Lady Terminator' :D



Film semakin terasa unik dengan menjadikan Jessica ( yang baru sembuh dari gangguan jiwa ) sebagai sentral film dengan pergolakan pikirannnya yang ditunjukin ke penonton ( inner-voice ). Ini membuat LSJTD terasa  creepy, sekaligus lirih dan puitis . Teknik inner-voice inilah mungkin yang menginspirasi  adegan populer di sinetron lokal, yaitu adegan Baim menengadahkan tangan, lalu terdengar inner-voice : "Tolong Baim Ya Allah.." ya, seperti itulah.

Poster Versi DVD (2006)
yang menarik lagi, film yang menjadi salah satu favoritnya Stephen King ini ngebiarin semua misteri dalam film ini tetap terbuka, dengan begitu penonton dipersilahkan berinterpretasi sendiri. Nggak tahu, yang kaya gini bisa dibilang nyebelin apa keren hehe..buat gue sih tergantung, dan untuk film ini..oke, cukup impresif.

Terus terang, kalo misalkan ini adalah sebuah film rilisan baru, plot atau premise-nya akan gue bilang 'nggak kreatif + membosankan'.  Makanya, kalo di-remake hasilnya pasti jelek.

Tapi gue selalu respek ama film-film klasik ( dalam artian : jadul ). Itu rasanya kaya kalo misalkan elu nggak terlalu tertarik ngeliat orang modern bisa nyiptain Smartphone, tapi pasti merasa kagum ketika tahu orang zaman dulu udah bisa berkomunikasi jarak jauh dengan perantara kabel + kaleng. Haha oldschool + classic.
Overall sih, emang bukan film horror yang sangat bagus atau essensial, tapi surprisingly-watchable. Terutama mungkin karena rendahnya ekspektasi gue.
Semuanya dieksekusi dengan mulus. setting, atmosfir, shot-shot, photografi, akting ( terutama akting Zohra Lampert ) dan didukung scoring yang pas, 'Lets Scare Jessica To Death' menjadi salah satu film horror-misteri di era 70-an yang terlihat percaya diri di genre nya.



Rating :

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

+++ : Yang ini ga ada hubungannya ama review. cuman pengen curhat, kalo kita perhatiin di pelem2 horror luar sono, kalo ada adegan yang memakai setting sebuah danau, gue iri banget soalnya danau-nya keliatan sepi banget. Seakan-akan kita bisa kesana di akhir pekan dan memiliki danau itu sendirian. Di Indonesia, sepanjang pengalaman gue kemping, hiking, blusukan ke hutan-hutan, setiap kali gue nemuin danau/telaga, gue juga selalu nemu pemandangan : tukang gorengan. -.-"

19 August 2010

The Living Dead At The Manchester Morgue ( 1974 )

Storyline :

George ( Ray Lovelock ) sedang dalam perjalanan ke sebuah kota, ketika motornya tanpa sengaja dibuat rusak, tersenggol mobil yang dikendarai oleh Edna ( Cristina Galbo ) yang juga sedang dalam perjalanan menuju sebuah kota untuk mengunjungi kakak perempuannya ( Katie ).

Merasa bersalah, Edna menawari George untuk menumpang mobilnya. Kebeneran mereka emang satu arah, walau kota yang dituju berbeda. George hendak ke Windermere, sementara Edna sedang dalam perjalanan ke Southgate ( kawasan Manchester ). Karena tak punya pilihan lain, George setuju. Mereka pun langsung meneruskan perjalanan bersama.

Ditengah jalan, Edna membujuk ( setengah maksa ) George untuk menemaninya dulu ke Southgate mengunjungi kakaknya, setelah itu dia berjanji akan mengantar George ke Windermere . Awalnya George menolak, tapi akhirnya dia mengalah. Sebuah keputusan yang pastinya akan di sesali George selamanya, karena dari sini lah semua horror dalam film ini dimulai.

Ya sesampainya di Southgate, mereka menemukan suami Katie ( Martin ) telah tewas mengenaskan. Menurut Katie yang terlihat sangat shock, suaminya diserang oleh sesosok pria yang sangat menyeramkan.


Kepolisian setempat segera melakukan investigasi. Namun kecurigaan sersan polisi justru jatuh pada mereka bertiga. Apalagi ketika polisi menemukan bukti bahwa Katie adalah seorang pecandu heroin. Sementara penampilan George yang shaggy-gondrong + brewokan menambah keyakinan pihak kepolisian bahwa mereka adalah gerombolan pemuda hippies-maniak-pemuja setan seperti Manson's family.

"You're all the same the lot of you, with your long hair and faggot clothes. Drugs, sex, every sort of filth! "

Begitu katanya ketika mengomentari style George, yang langsung dibalas George dengan melakukan hormat ala Nazi + teriakan : Hail Hilter! haha

Tak mau dituding sebagai pembunuh, George dan Edna mulai berpacu dengan waktu untuk mengungkap semuanya. dan akhirnya mereka menemukan sebuah fakta mengerikan : Semua ini ternyata berawal dari sebuah mesin penghasil gelombang-ultrasonik yang sedang dijui coba di kawasan itu. Mesin itu sebenernya bertujuan untuk membunuh hama-serangga. Namun ini film horror-scifi men, kita tahu dalam film horror-scifi, eksperimen biologi --dengan penjelasan yang sumpah gue nggak ngerti-- pasti akan menciptakan semut raksasa, laba-laba sebesar rumah dll Atau kalo nggak..ngebangkitin mayat-mayat dari kuburnya! haha dan yah, mayat-mayat yang bangkit kembali karena efek gelombang-radiasi-ultrasonik inilah yang melakukan serangkaian pembunuhan di kota kecil itu.

Namun sayangnya, sersan polisi yang menyebalkan itu tetap tidak percaya. Jarinya tetap mengarah ke George, Edna & Katie sebagai dalang disetiap kasus pembunuhan berantai yang terjadi. Maka sekarang, mereka terpaksa harus bergerak dengan cepat untuk mencegah kota itu menjadi 'city of the living dead' sekaligus ngebuktiin pada polisi kalo mereka tidak bersalah. Sayang semuanya terlambat..........

Review


Ini adalah sebuah film Spanyol ( yang dengan alasan yang gue juga nggak ngerti ) memilih buat mengambil setting di Inggris. Sutradara Jorge Grau diminta oleh seorang produser untuk membuat sebuah film yang similiar ama Romero's 'Night Of The Living Dead' yang mencetak hit 4 tahun sebelumnya. Dia menyanggupi dan akhirnya jadilah film ini.

Namun gue nggak tau sang produser akhirnya seneng apa kaga, soalnya ternyata film ini beda ama Night Of The Living Dead ( NOTLD ) yang apokaliptik itu ( walaupun emang ada beberapa scene nya yang mirip ) .

Jorge Grau keliatannya nggak pengen cuman nge rip-off mentah-mentah NOTLD dan cukup percaya diri untuk membuat film nya malah mempunyai style sendiri. Plotnya emang tetep tipis, sama kaya The Blob , Maniac Cop atau film-film laennya dimana sang protagonis dikejar-kejar polisi, sementara dia mengetahui sebuah 'horror' yang akan melanda. Model begitulah. 

Bedanya, Jorge Grau mengeksekusi thin-plot ini dengan shot-shot stylish. Jorge jelas orang yang tau gimana caranya ngambil shot dengan frame yang menarik dan impresif. Dia juga seneng bermain-main dengan setting atau background. Liat aje gimana keindahan desa kecil Southgate ( berlokasi di Derbyshire, Inggris ) terekspose dengan baik berpadu ama horror yang kemudian di sajikan. Konon, setelah film ini beredar, lokasi sutingnya sampe sekarang banyak dkunjungi para turis. Iye sih, gue juga pengen ke sono hehe *kalo ada yang ngongkosin. Sementara setting pekuburan ( dan suasana kota kecil Southgate ) nya malah terasa gothic, sama kaya atmosfir gothic di Michelle Soavi's Dellamorte Dellamore . Walaupun nggak se-surreal film itu, tapi kemungkinannye 'The Living Dead At The Manchester Morgue' ( TLDATMM ) emang salah satu referensi Michelle Soavi. 

Gue udah merasa suka film ini sejak 10 menit pertama. Yap, adegan opening George mengendarai sepeda motor di keramaian kota London dengan diiringi soundtrack musik rock-reggae khas 70-an itu  berhasil menarik minat gue. Disini sepertinya Jorge hendak menyampaikan opininya tentang masyarakat-kota.

Cek aja,  Ada shot keramaian kota London yang 'ramai tapi sepi', asap knalpot,  polusi pabrik-pabrik, public space yang udah ter-occupied ama papan reklame, sampah, lalu ada shot bangkai burung tergeletak di pinggir jalan,  pejalan kaki yang menutupi wajahnya dengan masker, seorang sakit yang sedang menenggak pil, kerumunan calon penumpang di terminal, penumpang2 bus yang berjubelan dengan wajah kosong/lelah ( sama kaya zombie ), dan kemudian gue dikejutkan oleh adegan ini : seorang perempuan tiba-tiba melepaskan bajunya, lalu berlari-telanjang menyeberang jalan. Wtf!, gue kaget tapi orang-orang dalam adegan ini digambarkan tidak menghiraukan aksi itu. mereka terlalu lelah/sibuk untuk mempedulikannya. Wow..big city is a real city of the living dead?? mereka emang hidup tapi kesibukan dan kerja membuat mereka terlihat 'mati'. Mungkin itu yang pengen Jorge opinikan :) Jleb! ga jauh beda ama gue yang udah 'mati' karena lebih sering jadi zombie di depan komputer hehe RRRHH im a zombie! brraiiinsss.....

Menit berikutnya, Jorge Grau malah ngasih sensasi yang kontras ama scene kota London tadi. Dia mulai meng-ekspos keindahan kota kecil Inggris dengan bukitnya yang hijau menyegarkan, ha, ini ngingetin gue ama gambar bukit-hijau 'Bliss' di salah satu wallpaper/theme nya Windows XP. Dan hanya karena ini saja gue udah menggumam dalam hati : "film ini keren."



40 menit awal berikutnya, dipake Jorge buat ngenalin dan membangun karakter tokoh-tokoh dalam usahanya membuat penonton peduli dan mengantisipasi apa yang akan terjadi kemudian. Dan dia berhasil. Terutama berkat dukungan para cast nya yang berakting sangat baik. Arthur Kennedy mencuri perhatian dengan perannya sebagai polisi menyebalkan, Ray Lovelock meyakinkan sebagai pemuda hippies-kritis yang rada brengsek, dan Cristina Galbo sekarang menjadi salah satu cewe yang masuk list favorit 'screen-screaming-queen' versi gue. Dan berkat perannya disini, Cristina ( yang juga sering maen di pelem2 Giallo ) akhirnya mendapat penghargaaan best-actress di sebuah festival. Dengan cast solid seperti itu, adegan intriguing-suspenseful yang dibalut ama dialog-dialog kocak-renyah kemudian digulirkan Jorge untuk menghindarkan penonton jatuh pada kebosanan. Dari sini tensi film sedikit demi sedikit mulai merambat naik.


Sampai akhirnya mulai menit 50 sampe abis, film berubah drastis dari suspense menjadi horror-survival-scifi-zombie yang intense dan menyenangkan buat ditonton. Jorge mulai ngasih apa yang para guts-lover tunggu dari tadi. walaupun emang level gory dalam film ini nggak pernah nyampe ke level splatter ala Fulci ( dan keliatannya Jorge juga nggak pengen membuat filmnya ke arah situ ), tapi film ini mempunyai adegan yang dikenal sebagai adegan 'breast-ripping'.  Sebuah adegan yang cukup eksplisit, dimana zombie-zombie itu menggrauk ( bahasa apaan tuh? haha ) payudara seorang resepsionis rumah sakit. Haha Dan masih banyak lagi seperti leher yang ditusuk, organ tubuh yang dimakan beramai-ramai sampe zombie yang terbakar dll. Sementara adegan terakhir di rumah sakit itu juga jelas influence besar untuk Lucio Fulci's The Beyond dan Stuart Gordon's Re-Animator .


Ngomong-ngomong soal zombie, zombie dalam film ini punya beberapa keunikan :
- Walau kepalanya ditembak, dia nggak bakalan mati ( para protagonis kita akhirnya  menemukan cara buat melumpuhkannya : dibakar! haha )
- Mayat-mayat itu akan bangkit lagi setelah terkena gelombang radiasi ultrasonik atau  mendapat transfer radiasi dari zombie lainnya. ( jadi bukan oleh gigitan ).
-  Zombie disini bertenaga kuat dan cukup pintar untuk menggunakan nisan kuburan sebagai senjata. Haha
-  Slow-moving, berwajah datar ( tidak menyeringai ), diam ( tidak mengeluarkan suara ) dan mempunyai tatapan kosong.

Namun, walau ini film tentang flesh-eater-zombie gue ngerasa kalo real-villain dalam film ini justru si sersan polisi yang menyebalkan itu. Dia sok tahu, rasis, terlalu menghakimi, konservatif, dan keras kepala. Dalam sebuah film, kamu pasti mengharapkan hal-hal buruk menimpa karakter seperti ini. Itu makanya sinetron bisa nyampe puluhan episode, soalnya produsernya tau penonton menunggu pemeran yang suka melotot dan menempeleng itu mendapat balasannya hehe 



Dalam film ini, kamu nggak perlu menunggu sampai puluhan episode dan akan mendapatkan 'kepuasan' itu di menit-menit akhir. it's time to zombie-revenge! Ups, spoiler ya? *peace :D Ya, film ini diakhiri oleh ending yang mengejutkan dan menarik hehe

Satu poin plus lagi, horror berdurasi 93 menit ini di dukung oleh backsound/scoring-music yang sangat efektif. Jorge Grau sendirilah yang membuat  scoring mirip gelombang suara/lenguhan nafas itu. Dan dia berhasil menciptakan 'sound of the dead' yang mendukung adegan dan keseluruhan ide cerita.


..................................................................

Sekarang, dengan semua opini positif yang gue tulis diatas, gue heran film ini ternyata jarang disertakan dalam list film zombie favorit para horror-fan. Kenape ye?

Analisa gue sih mungkin karena film ini terlalu suspense+stlylish buat penggemar zombie-splatter atau sebaliknya terlalu gory+eksploitatif buat penggemar suspense-scifi. jadi nanggung-nanggung gitu. 
Atau kemungkinan lainnya adalah karena film ini mempunyai alternate-title yang banyak sekali. gue itung-itung di IMDB sampe 17 judul haha. Lain negara yang mengedarkan, lain pula judulnya. Anchor Bay sendiri beberapa tahun lalu merilis versi DVD film ini dengan judul 'Let's Sleeping Corpses Lie', di IMDB film ini ditemukan dengan judul 'Don't Open the Window' , dan apakah kamu mencari-cari film 'Zombie 3?' Ga usah bingung, karena 'Zombie 3' adalah film ini, atau jangan-jangan kamu sudah nonton film ini tapi dengan judul yang beda? coba cek 14 judul lainnya haha.  Nah, mungkin judulnya yang banyak itu membuat film ini jadi gampang buat dilupain. Istilah cepet : nggak nancep di kepala.



Final verdict, nggak adil rasanya kalo membandingkan film ini ama film kelas A, ini tetep B-movie ringan yang buat beberapa audiens non-horror sering dibilang meaningless-garbage. Namun buat horror-fan seperti gue,  di genre-spesifik nya, 'The Living Dead At The Manchester Morgue' ( or whatever title ) adalah sebuah 'permata'. Nggak sempurna tentu aja, ada plot hole dan kekurangan disana-sini, tapi dari semuanya, yang paling membuat gue respek adalah, 

film ini punya style dan karakter yang kuat. Orang yang membuatnya berani untuk tidak menjadi George Romero atau Lucio Fulci, 'he's not wannabe', dia  adalah Jorge Grau dan ini filmnya. Kita tahu, sesuatu yang berkarakter itu biasanya akan menjadi influental. dan itu keren. hehe
Jorge juga berhasil memasukkan beberapa 'muatan-kritis' tanpa terlihat preachy tentang pemikiran konservatif orang tua melawan semangat & pemikiran baru generasi muda ( di simbolkan oleh karakter polisi dan pemuda hippies ) juga isu tentang lingkungan hidup seperti yang tertulis dalam salah satu taglinenya :


" They tampered with nature - now they must pay the price..."

dan yang terpenting, 'The Living Dead At The Manchester Morgue' nggak pernah lupa kalo dia tetep sebuah  hiburan dan mempunyai sederet momen-momen memorabelnya.

jadi, tanpa ragu film ini jelas akan masuk dalam daftar kult-klasik versi subyektif gue. Hehe. 





RATING :

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic


13 August 2010

RIEN PEMBUNUH BERANTAI ( 2008 ) & IMO : FENOMENA FILM HORROR-KANCUT LOKAL

Dalam dunia Horror kita kenal ama yang namanya 'Horror-Personality' ( Psycho, Silence of the Lambs, The Vanisihing dll ) , 'Horror- Armageddon' ( Dawn of the Dead, The Mist, 28 Days Later, I Am Legend, Them! dll ), dan 'Horror of The Demonic' ( The Exorcist, Poltergeist, The Omen, dll ). 3 blok besar aliran horror ini juga menghasilkan turunannya masing2 yang salah satunya adalah 'Biographical-Horror', yaitu sebuah film horror yang dibuat berdasarkan kisah nyata seseorang/tokoh yang dianggap punya potensi buat menghasilkan ketakutan/terror ( Horror-Personality ). Yang ini biasanya adalah kisah tentang pembunuh-berantai, penculik, perampok, terroris, kanibal dll.

Untuk contoh, secara cepat aja, kita bisa menemukan film berjudul 'Bundy' yang diangkat dari kisah hidup seorang serial-killers bernama Ted Bundy di Amerika, dan masih banyak lagi yang lainnya seperti kisah Richard Ramirez, Ed Gein, Zodiac, Jack the Ripper, Charles Manson dll

Indonesia juga nggak ketinggalan. Gue mencatat ada 2 film yang diangkat dari kisah nyata. Yang pertama adalah kisah dukun Ahmad Suradji asal Deli Serdang-Sumut yang membunuh 42 orang wanita ( diangkat ke sebuah film 'Dukun AS, Misteri Kebun Tebu' ) dan kedua, kisah Sumanto sang kanibal asal Purbalingga ( Kanibal ). Silahkan tambahin kalo gue ada yang kelupaan. Yang gue pengen bahas dalam review kali ini adalah film ...yah, 'Rien Pembunuh Berantai' ( 2008).

Gue nggak bisa mengklasifikasikan film ini sebagai biographical-horror dari kisah nyata Ryan sang jagal dari Jombang itu, mengingat nama yang dipakai dalam film ini adalah 'Rien' (?) padahal jelas, kalo mengingat film ini dirilis pada tahun 2008 --dimana kasus Ryan sedang booming--, judul itu membuat pikiran orang melayang ke kasus tersebut. Dan memang itulah tujuan produsernya. Terus kenapa judulnya Rien? in my opinion, itu karena mereka memanfaatkan/mengejar momentum mendulang rezeki dari sebuah histeria-massa. Tapi mereka tau kalo nggak bisa bikin film tentang orang yang ( pada saat itu ) vonisnya aja belum dijatuhkan. Jadi, kenapa nggak bikin film yang namanya mirip aja?? dan tinggal kasih embel-embel 'pembunuh berantai'. Whattafuck?!

Jadi sodara-sodara, Jika dalam dunia per-sinemaan dikenal istilah Mockbuster yaitu sebuah film yang mendompleng popularitas sebuah film dengan membuat judul yang hampir sama, misalnya 'Transformers' disaingi oleh 'Transmorphers' ( 'Rumah Dara' dengan 'Jejak Dara' yang sintingnya di rilis hampir bersamaan ) 




maka kasus 'Rien Pembunuh Berantai' ini membuat gue pengen membuat istilah baru, yaitu 'Mockiographical Movies' atau Mockiographicalcarikesempatan Movies *maksa banget -.-' ) sebuah film yang dibuat dengan mendompleng kepopuleran sebuah kisah-nyata-seseorang dan momentum. Contohnya, ya film 'Rien Pembunuh Berantai' ini. Hanya ada di Indonesia sodara-sodara. Sebuah ke konyolan yang cuma bisa disaingi oleh kekonyolan Kapolda-ngeberentiin-pertandingan-sepakbola-karena-minta-wasit-di ganti. Ah, betapa cult-nya negeri ini.

Oke, walau gue nggak respek ama film aji-mumpung model begini, tapi sebagai konsumen-film yang siap ngeluarin sejumlah uang buat menghibur diri, kemungkinannya gue masih bisa ngelupain ke kurang-ajar an diatas, kalo filmnya di garap bener. Sayangnya, film ini tidak.

Baiklah gue ceritain secara singkat stroyline nya,

Rien kecil ( namanya Rien, tapi pemaen laen sering nggak sadar manggil dia Ryan ) adalah seorang anak yang kerap di bully temen sekolahnya karena dianggap cengeng dan banci. Dia lebih senang bermain dengan perempuan. Sementara di rumah, Rien yang kurang perhatian menyaksikan dengan mata kepala sendiri ibunya berselingkuh dengan lelaki lain. Rien pun mulai diliputi kebencian. Sampai akhirnya dia melakukan pembunuhan pertamanya.
Beberapa belas tahun kemudian, Rien digambarkan sudah bekerja dan mempunyai kekasih seorang pria ( gay ). Lalu sisa plot film ini bisa dijelaskan dengan sebaris kalimat begini : ' Rien memergoki seseorang yang sedang berselingkuh, kemudian Rien membunuhnya'. Ulangi kalimat tersebut 4 kali. Kemudian, Rien ditangkep polisi. Tamat.

Fuhh, Ngomongin kelemahan teknis film ini, sama aja kaya nyoba ngritik sinetron 'Pacarku Tukang Gorengan' di TPI apa Indosiar. Bakalan cape sendiri haha, tiap menitnya dipenuhi ama ketololan yang kemungkinannya bikin kamu salto sambil menjerit-jerit. Adegan pembunuhan yang seharusnya bisa jadi hiburan, disini justru menjadi bagian paling menjengkelkan. Soalnya setiap kali adegan ini, editornya ngasih efek-efek flashy + adegan close-up orang menjerit yang nggak nyambung ama frame sebelumnya. Nggak enak banget diliat. Semua itu diperparah ama backsound buruk nan memekakkan telinga. Kacau balau.

Gue kasi salah satu contoh adegan yang bikin gue terbengong-bengong, antara pengen ketawa ama pengen nangis :

Jadi, ceritanya si Rien kecil ini disuruh oleh ibunya yang galak buat ngambil air di sungai karena pompa mereka sedang rusak. Rien yang malang pun berjalan kesungai dengan membawa ember.



Di gambar ini kalian bisa liat kalo sungai itu dalemnya paling sekitar 40cm. yah kurang lebihnya segitulah. Dan arusnya juga nggak berbahaya. Tuh liat aja..

Tiba-tiba si Dewo, temen sekolah Rien yang sering nge-bully dateng dan mulai mengejeknya lagi. Dia bilang " dasar banci, kalo ngambil air itu sore aja, bareng ama emak2 sama ibu-ibu..yaah dasar banci.."


wkwkwk percaya atau nggak, kalo kalian nonton sendiri, ngedenger suaranya, kalian pasti akan berfikir kalo si Dewo lah yang sebenernya banci. Haha.

Rien hanya terdiam saja. Saking asiknya ketawa, si Dewo nggak sengaja ngejatohin sepatu yang dipegangnya ke sungai. " Dewo, itu sepatu kamu hanyut.." kata Rien. Dewo pun kaget dan mulai panik ngeliat sepatunya hanyut. Dia langsung berusaha ngambil, sayangnya dia kepleset dan jatuh ke sungai 40cm itu, untungnya dia masih bs berpegangan. Yang gue heran, ini bocah preman tukang mukul kenape takut kelelep disungai yang dalemnya cuman 40cm???



liat aje tuh aksinya bergantungan panik di batu seakan sungai 30cm dimana Rien ngambil air tadi berubah jadi sungai Amazon. Pada momen ini kamu akan menyadari kalo otak kamu meleleh.

Adegan berikutnya, si Rien hanya memandangi saja temennya berteriak minta tolong. Wajahnya seakan2 diliputi oleh kebencian. Setelah diam sejenak dia lalu mengambil patung batu yang gue nggak tau sejak kapan ada patung batu disitu??? Dan ilham darimana yang membuat sutradara pengen patung batu masuk dalam scene ini??


Dan akhirnya kini tibalah waktu buat Ryan untuk membalas dendam. Tangan Dewo yang berpegangan di batu, dia pukul dengan patung batu itu. Crott!



Bloody-goree!!

Dan Dewo pun terseret sungai sedalem 40 cm itu...


Oh noo...where's my brainn?


Image and video hosting by TinyPic


Saking banyaknya adegan tolol model begitu, kamu bakalan nggak tau mau ngritik yang mana. Semuanya asli dieksekusi dengan terburu-buru dan sangat dangkal.

Akting pemeran utamanya ( Guntur Triyono...ada yang tau siapa die? ) sih sebenernya keliatan berusaha sebaik mungkin menghayati peran, tapi buruknya arahan, skrip ama dialog --yang kayanya cuma di-dialog-in di tempat laen selaen bumi-- membuat semuanya mentah.

Beruntung dia punya sepasukan ABG-centil yang sangat memujanya --bahkan ketika filmnya aje belon rilis--. Kalian baca aja komen cewe-cewe ini di sebuah situs yang memuat artikel perilisan film ini disini --->; Press Release Rien Pembunuh Berantai : Masa Lalu yang Kelam Menjadikannya Seorang Pembunuh Sadis . Apakah kalian punya ide siapa sebenernya yang nulis komen-komen disitu??

Dan posternya? o-mii-god. Apa kalian mendapat kesan seram atau kalian malah mengira ini poster obat panu-kadas-kurap Kalpanax?

Asli, gue nggak nyangka ada sutradara seperti Steady Rimba, yang kualitas filmnya dari tahun 90-an --dia adalah sutradara film 'Bisikan Nafsu' dan 'Gairah Malam'-- nggak pernah mengalami progress. Gue nggak ngerti. Padahal, sutradara se-asshole Uwe Boll aja akhirnya bikin pelem 'lumayan'. Satu-satunya progress yang dia bikin cuman keberaniannya buat akhirnya bikin judul film yang sengaja dibikin se-goblok mungkin, seperti apa yang dilakukannya pada film 'Hantu Puncak datang Bulan' dan 'Dendam Pocong Mupeng' dua tahun kemudian. Eh, sebenernya gue juga nggak tau ini kemajuan apa degradasi. Ini aja udah ngebuktiin kalo sutradara2 seperti ini nggak pernah punya bakat, nggak pernah punya niat/usaha karyanya menjadi lebih baik, dan nggak jatuh cinta dengan profesinya.

Hehe, sori aje pak sutradara. Gue sebenernya orang yang sangat apresiatif kalo berhubungan ama karya orang lain kok, apalagi kalo misalnya film ini adalah karya ekstrakurikuler siswa SMP kelas 2. Pasti gue puji-puji dah dengan tulus. Gue juga akan memaklumi kalo film ini dibuat 'direct-to-sinetron' yang diputer buat ngisi slot TV tengah malem. Sayangnya, film ga tau diri ini dengan cara yang gue nggak ngerti, bisa diputer di bioskop ( Blitzmegaplex, coy! ) dan meminta calon penontonnya buat merogoh uang sebesar Rp.25.000!!

Shit.

IMO : FILM KANCUT INDONESIA PADA UMUMNYE.

Pembuat film ini ( juga pembuat film horror-kancut lainnya ) kalo dianalogikan mungkin seperti seseorang yang ngeliat bisnis nasi goreng lagi rame, maka dia pun buru-buru bikin usaha nasi goreng. Sayangnye, orang ini sebenernya nggak punya keahlian atau bakat buat jadi seorang tukang nasi goreng. Dia bahkan nggak ngerti cara bikin nasi goreng. Jadi deh dia ngasih bumbu dan ngegorengnya asal-asalan. Kemungkinan lainnya adalah, orang-orang ini terlalu malas dan cuma pengen nasi-goreng nya cepet-cepet kelar.

Lebih celaka lagi, dia sebenernya nggak punya alat memadai buat menggoreng, dan yang dilakukannya adalah menggoreng nasi diatas ember. Kalian bisa bayangin kaya apa tuh rasanya nasi goreng. Logikanya, nasi gorengnya ga laku dong?

Tapi tim tukang nasi-goreng abal-abal ini cukup cerdik dan menggunakan berbagai macam cara buat ngundang konsumen. Salah satunya adalah nemplokin flyer atau selebaran promosi dimana-mana ( yang dia tahu biasanya berhasil narik minat konsumen Indonesia ) Promosinya adalah : Yang ngelap meja di warung nasi goreng itu sangat ganteng!! atau yang sekarang lagi ngetren 'tukang cuci piringnya dari Korea, Jepang, Uzbekistan' dll. Sesuatu seperti itu, yang sebenernya nggak ada hubungannya ama rasa nasi gorengnya.

ARTIS KOREA MY ASS!

Jder! laku juga lah nasi gorengnya tanpa meduliin penonton yang kemudian kejang-kejang dan muntah. Tentu aje, siapa yang peduli ama konsumen ketika jutaan rupiah udah ditangan? bahkan mereka juga gue yakin sih bakalan nggak peduli ama kritik model begini.

Yah, gue tau kalo bisnis hiburan ( baca : film ) beda ama nasi goreng. Maksudnye, gimana cantiknya pemeran, seberapa gede toket, ama darimana dia berasal ( Korea, Jepang ) jadi salah satu elemen nggak terpisahkan yang membuat laku atau tidaknya hiburan tersebut.

Yang jadi masalah adalah kalo semua effort kru-nya cuma ditumpahin buat ngurusin elemen-sekunder kaya gitu dan nggak mempedulikan kualitas film yang dibuatnya.

APA BEDANYA FILM BURUK-yang-MENGHIBUR AMA FILM BURUK-KANCUT?

Nyampe sini, mungkin kalian akan nanya, kenapa orang kaya gue yang bisa meng-apresiasi positif film semacam Bad Taste , nggak bisa menikmati film ini ? apa bedanya film2 b-movie kancut yang sering dirating bagus di blog ini dengan 'Rien Pembunuh Berantai' ?

Bedanya adalah : mereka ( pembuat film horror-instan ini ) sama sekali nggak mencintai apa yang dikerjakannya. Mereka nggak jujur kalo yang dibuatnya adalah film kancut. Mereka nggak ngerti dan nggak peduli apa yang lagi di bikinnya. Nggak ada passion didalemnya. Mereka nggak pernah punya niat buat nyenengin penonton. Mereka bahkan bukan penghibur. Mereka cuma lihai dalam memperhitungkan "sesingkat mungkin kerja/suting, seminim mungkin modal, sedahsyat mungkin promosi dan sebesar mungkin untung " ). dari sini udah keliatan kalo bakat mereka adalah...uhm, gimana kalo pengusaha MLM?

Kalo seorang entertainer b-movie sejati pasti akan membuat film model kaya begini menjadi beneran menghibur dengan mengkasting Ruben, Olga ama Ivan Gunawan buat jadi korban mutilasi sang pembunuh. hehe mereka juga akan membuat filmnya nggak ber-tendensi buat keliatan keren atau penuh makna. Kenapa? karena mereka sadar diri lagi bikin apaan.

Terus ada diskusi menarik lainnya yang bilang kalo film-film kaya gini beberapa puluh tahun kedepan pasti banyak dicari dan menjadi cult seperti Lady Terminator atau Jaka Sembung .Gue nggak tahu bakal gimana puluhan tahun kedepan, mungkin aja emang beneran bakal ada sebagian orang yang ngejadiin film2 kaya gini sebagai cult. Tapi, gue yakinin kalo gue bukan salah satunya.

Buat jadi cult atau minimal menghibur, sebuah film -menurut standar-subyektif gue- harus punya beberapa poin dan film model kaya gini nggak punya sama sekali. 

Gue kasi contoh aje, apa ada yang memuja-muja atau mengoleksi film2 kaya 'Gairah Malam', 'Akibat Bebas Sex' atau 'Gairah di Puncak' ? Gue udah nonton film2 itu, dan asli gue pengen amnesia supaya bisa ngelupain betapa buruknya film2 itu.

Salah satu scene yang disturbing dalam film ini. Maho detected!





Hal-hal seperti ini yang membuat gue sampe sekarang masih belom kuat dan males buat nonton film horror lokal. Alih-alih dapet FUN, yang ada gue malah emosiii melulu. Kaya contohnya review film ini yang malah melebar kemana-mana hahaha Makanya, gue salut ama yang punya blog Raditherapy , soalnya dia pasti orangnya sabar bukan main. Lanjutkan pengorbananmu, gan haha.

Buat Vividsm, ini saatnya buat memasukkan nama Steady Rimba di tengah-tengah Nayato dan KK Dheeraj.

Tentunya, gue masih belum nyampe tahap putus asa banget sih ama horror-lokal, soalnya beberapa sineas muda yang juga terlihat jengah dengan situasi kaya gini mulai ngasih harapan. Kapan-kapan gue pengen ngereview 'Rumah Dara', Oke hehe

................................................................................................................................

Hehe terakhir, Kalo ada yang bilang, 'hargai dong karya orang lain, jangan bisanya nyela doang..' gue jawab : " gue udah ngehargain film ini seharga biaya rentalnya Rp.3000 dan gue bayar lunas! " bukannya cuma sebesar itulah harga film ini? Terus minta dihargain apanya lagi?

Udah ah, gue udah cukup puas ngeluarin uneg-uneg sebagai konsumen hehe

Stay away from this shit.

RATING
Image and video hosting by TinyPic
............................................................

++ ngomong-ngomong soal pembunuh berantai, Indonesia sebenernya punya belasan tokoh yang bisa dijadiin film biographical-horror. Dari belasan itu, yang paling potensial buat diangkat ke layar lebar menurut gue adalah si Alex Rio Bullo.

Dia adalah perampok mobil sekaligus pembunuh berantai. Udah dihukum mati. Walau korbannya tidak sebanyak Ryan, tapi Rio punya keunikan. Dia selalu membunuh korbannya dengan martil. ini aja sudah cukup memenuhi syarat buat jadi ikonik. Senjata yang khas! Rio juga punya ending yang bagus dari kisah hidupnya untuk diceritain.

Dan tentu saja judulnya adalah : MARTIL. *jrengjrengjreng!

NOTE : Oh iya..di postingan ini gue juga sekalian pengen memperkenalkan sistem rating baru yang akan dipakai di blog ini. ikon-nya adalah 'popcorn-otak'. 
Image and video hosting by TinyPichehe terima kasih buat Raditherapy yang udah ngasih ide gue buat make gambar ini. gimana keren ga? kalo keren, layangkan pujian buat dia :) Hehe jadi, rating maksimumnya adalah 10 popcorn-otak. dan minimumnya adalah 1 popcorn-otak.

kalo ada film yang udah keterlaluan menjengkelkannya sampe rating 1 popcorn-otak aja masih terlalu tinggi buatnya, ratingnya adalah gambar ini :
Image and video hosting by TinyPicdan selamat, sebuah kehormatan buat film 'Rien Pembunuh Berantai' untuk pertama kalinya dapet rating ini. hehe

....................................